UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI MELALUI PEMBELAJARAN STEAM BERBASIS LOOSE PARTS
Keywords:
STEAM, Kreativitas, Loose PartsAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses dan hasil pembelajaran melalui STEAM berbasis loose parts yang dapat meningkatkan kreativitas anak usia dini kelas B PAUD Ar-Rohmat kecamatan Binuang. Subjek penelitian ini sebanyak 11 anak. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas oleh Kemmis dan Mc.Taggart yang meliputi empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdiri dari 4 kali pertemuan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif, kuantitatif, dan kesimpulan verifikasi. Analisis data kualitatif diperoleh dari penggunaan lembar observasi aktivitas guru dan anak. Analisis data kuantitatif menggunakan analisis dengan menghitung skor rata-rata pemahaman anak dari pra siklus, siklus I dan siklus II. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan kreativitas anak usia dini melalui pembelajaran STEAM berbasis loose parts, dapat dibuktikan ketuntasan kreativitas pra intervensi sebesar 30%. Kemudian meningkat pada siklus I sebesar 40% dan siklus II sebesar 80%.
References
Asmuniv.(2015). Pendekatan Terpadu Pendidikan STEAM Upaya Mempersiapkan Sumber Daya Manusia Indonesia Yang Memiliki Pengetahuan Interdisipliner dalam Menyongsong Kebutuhan Bidang Karir Pekerjaan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).
Dr.Hasbi Sjamsir, M.Hum. Dr.Budi Rahardjo,M.S. Shyerend Anggelica Surentu,S.Pd. 2021.Penerapan metode steam berbasis loose parts dalam optimalisasi kemampuan motoric halus anak usia dini. CV.Amerta Media.
Imamah, Z., & Muqowim, M. (2020). Pengembangan kreativitas dan berfikir kritis pada anak usia dini melalui metode pembelajaran STEAM and loose parts. Yinyang: Jurnal Studi Islam Krogh, S.L & Slentz, K. L. (2008). The Early Childhood Curriculum. New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates, Inc.
NAEYC and NCTM. (2002). https://www.naeyc.org/sites/default/files/globally shared/download/PDfs/resources/position-statements/psmath.pdf. Diakses pada 30 April 2024, pukul 20.00.
Novi Mulyani, M.Pd.I. 2019. Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini. PT. Remaja Rosdakarya Bandung
Nugraheni, A. D. (2019). Penguatan Pendidikan bagi Generasi Alfa melalui Pembelajaran STEAM Berbasis Loose Parts Pada PAUD. Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran 2019, 512-518.
Nurfadilan,. Nurmalina., & Amalia.R. (2020). Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Kolase Dengan Bahan Loose Parts Pada Anak Usia 4-6 Tahun di Bangkinang kota. Journal of Teacher Education 2 (1), hlm.224-230.
Rahardjo. M. M. (2019). How to use Loose parts in STEAM ? Early Childhood Educators Focus Group discussion in Indonesia. Journal of Pendidikan Usia Dini. 13 (2), hlm. 310-326. Ramdani, Z. (2018). Kolaborasi antara kepala sekolah, guru dan siswa dalam menciptakan system .
pendidikan yang berkualitas. In National Conference on Educational Assesment and Plolicy. Jakarta : Balai Pusat Penelitian (Balitbang) Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Ramdani, Z. (2018). Kolaborasi antara kepala sekolah, guru dan siswa dalam menciptakan system pendidikan yang berkualitas. In National Conference on Educational Assesment and Plolicy. Jakarta : Balai Pusat Penelitian (Balitbang) Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Sari, D. M. 2012. Pentingnya Pengembangan Kreativitas Sejak Dini. https://dewantimayasari.wordpress.com/2012/12/07/pentingnya-pengembangan-kreativitas sejak-dini/
Sari, D. M. 2012. Pentingnya Pengembangan Kreativitas Sejak Dini. https://dewantimayasari.wordpress.com/2012/12/07/pentingnya-pengembangan-kreativitas sejak-dini/
Siantajani, Y. (2018) Playing with loose parts.
Sochacka, N. W., Guyotte, K. W., & Walther, J. (2016). Learning together : A collaborative autoethnographic exploration of STEAM (STEM + the arts) education. Journal of Engineering Education, 105 (1) 15-42. https://doi.org/doi:10.1002/ jee.20112
Sochacka, N. W., Guyotte, K. W., & Walther, J. (2016). Learning together : A collaborative autoethnographic exploration of STEAM (STEM + the arts) education. Journal of Engineering Education, 105 (1) 15-42. https://doi.org/doi:10.1002/ jee.20112
